Hari Minggu Adven I: Bersiap-siaplah!

Matius 24:37-44

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Matius 24:37-44)

Adik-adik, siapa yang tahu? Gambar apakah ini? (Perlihatkan emblem pramuka perempuan). Ya, betul! Ini adalah emblem pramuka perempuan. Apakah adik-adik ada yang mengikuti pramuka perempuan? Apakah motonya? Ya, kalian betul! Motonya adalah: “Bersiap-siaplah.”

Dengan moto ini berarti bahwa seorang pramuka yang baik harus selalu bersiap-siap. Itulah yang akan kita bicarakan pada hari ini.

Hari ini adalah hari Minggu Advent yang pertama. Masa advent adalah masa penantian akan datangnya Tuhan dan persiapan untuk menyambut hari Natal. Banyak hal yang dapat orang lakukan untuk bersiap-siap menyambut Natal. Nah, apa saja yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan Natal?

Kita dapat membuat pohon Natal, lampu-lampunya dan hiasannya. Kita dapat menulis kartu Natal dan mengirimnya lewat pos. Kita dapat berbelanja banyak hadiah untuk keluarga dan teman-teman. Kita dapat membuat kue-kue Natal, permen dan tentunya harus membeli banyak kue untuk makan malam di hari Natal. Apakah ada yang terlewatkan?

Sambil kita bersiap-siap menyambut Natal, ada satu hal lain yang harus kita persiapkan. Yesus berjanji bahwa Ia akan datang kembali. Maka kita harus berjaga-jaga dan bersiap-siap menyambut kedatangan-Nya. Tetapi kapan Yesus akan datang? Injil mengatakan bahwa tidak seorangpun tahu kapan Ia akan datang. Bahkan para malaikat yang mengumumkan kelahiran-Nya juga tidak tahu kapan Yesus akan datang.

Jika kita tidak tahu kapan Yesus akan datang, lalu bagaimana kita harus bersiap-siap? Untuk menyambut kedatangan-Nya, kita dapat bersiap-siap dengan selalu melakukan hal-hal yang Yesus telah ajarkan. Kita harus selalu mencintai Allah dan sesama.

Bersiap-siap menyambut hari Natal memang menyenangkan, tetapi jangan lupa bahwa kita harus selalu bersiap-siap menyambut kedatangan Yesus dengan melakukan ajaran-Nya.

Bahan kreativitas:

Membuat hiasan berbentuk jam

(hiasan tampak dalamnya)

p_20161112_192839

(hiasan tampak depan)

p_20161112_192926

(hiasan tampak belakang)

p_20161112_192853

Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai polanya, untuk pola jamnya gunting sesuai lingkaran (tapi jangan digunting menjadi 2), kemudian lipat menjadi 2 bagian, lalu tempelkan untuk bagian jarum jamnya dengan menggunakan paku kertas seperti contoh diatas, jika tidak mempunyai paku kertas, teman-teman bisa langsung menempelkan gambar jarum jamnya ke pola jam diatas, dan jangan lupa beri lubang di bagian atas jam dengan menggunakan pembolong kertas kemudian beri tali warna-warni untuk menggantung jam tersebut (lihat contoh jadinya).

gbr

Tuhan Yesus memberkati ^_^
Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun A oleh Kak Tan Mariam, DKK.
http://www.clipartkid.com/images/6/34-printable-clock-face-without-hands-free-cliparts-that-you-can-hTO3oP-clipart.jpeg
https://id.pinterest.com/pin/521995413038420398/
http://azcoloring.com/coloring/acq/bzp/acqbzpGMi.jpg

Tinggalkan Balasan