Hari Minggu Biasa III: Yesus memanggil kita untuk mengikuti-Nya

Markus 1:14-20

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Markus 1:14-20)

Adik-adik, apa yang biasanya kalian lakukan dalam keadaan darurat? Contohnya waktu seorang teman menderita luka serius atau sakit parah dan bila tidak segera mendapat pertolongan ia akan meninggal. Apa yang akan kalian lakukan dalam situasi seperti itu? (Beri kesempatan pada anak untuk menyampaikan pendapatnya). Ya, benar! Kalian segera hubungi orang-orang yang bisa memberi bantuan atau langsung menelepon ke rumah sakit.
Ketika kalian hubungi orang-orang yang bisa memberi bantuan dan kalian katakan, “kami butuh bantuan segera”, apa jawab mereka? Pasti mereka tidak akan menjawab: “Maaf, saya lagi sibuk saat ini, mungkin lain waktu saja.” Mereka pasti akan meninggalkan apa yang sedang mereka kerjakan dan segera memberi bantuan kepada kalian.
Bacaan Kitab Suci hari ini mengisahkan tentang Yesus yang berjalan di sepanjang Danau Galilea. Ia melihat Petrus dan Andreas sedang menebarkan jala ke danau, karena mereka adalah nelayan. Yesus memanggil mereka: “Mari ikutlah Aku dan Aku akan mengajarkan kepadamu bagaimana menjala manusia.” Yesus membutuhkan Petrus dan Andreas untuk membantu-Nya mengajar orang-orang tentang Kasih Allah. Mendengar panggilan Yesus itu Petrus dan Andreas tidak menjawab: “Tidak bisa, sekarang kami sedang sibuk menjala ikan. Mungkin lain waktu saja.” Bukan! Bukan itu jawaban mereka. Kitab Suci menceritakan bahwa mereka segera meninggalkan jala, lalu mengikuti Yesus.
Yesus, Petrus dan Andreas sudah berjalan cukup jauh ketika mereka melihat Yakobus dan Yohanes sedang duduk di perahu membereskan jala mereka. Yesus melihat mereka dan memanggilnya: “Ikutlah Aku.” Mereka juga tidak menjawab: “Tidak bisa, sekarang kami sedang sibuk membereskan jala. Mungkin lain kali saja.” Bukan! Bukan itu jawaban mereka. Kitab Suci menceritakan bahwa mereka meninggalkan ayahnya yang sedang duduk di dalam perahu dengan orang-orang upahan, lalu mengikuti Yesus.
Adik-adik, Yesus masih meminta bantuan hingga saat ini. Yesus memanggil kalian semua, juga kakak, untuk membantu-Nya membawa banyak orang ke dalam Kerajaan Allah. Apakah ini keadaan darurat? Ya! Ini adalah masalah hidup dan mati! Kitab Suci mengatakan: “Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kalian semua akan binasa” (Lukas 13:3)
Yesus telah memanggil kita. Apa yang akan kita katakan? Apa yang akan kita lakukan? Kakak berharap dan berdoa, agar kita mau melepaskan apapun yang sedang kita kerjakan dan menjawab panggilan Yesus dengan mengikuti-Nya.
Bahan kreativitas:
IMG20180116220918
Print pola gambar ikan di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai polanya, beri warna agar menarik, lubangi bagian lingkaran kecilnya dan beri tali untuk menggantung, kemudian tempelkan manik-manik agar lebih terlihat menarik (lihat contoh jadinya).
gbr1 (1)
Print pola gambar anak laki-laki di bawah ini, gunting sesuai pola gambarnya, beri warna agar menarik, lubangi di bagian atas kepalanya, kemudian gantung dan satukan dengan pola gambar ikan di atas (lihat contoh jadinya).
gbr2 (1)
Print pola gambar anak perempuan di bawah ini, gunting sesuai pola gambarnya, beri warna agar menarik, lubangi di bagian atas kepalanya, kemudian gantung dan satukan dengan pola gambar ikan di atas (lihat contoh jadinya).
gbr3 (1)

Tinggalkan Balasan