Hari Minggu Biasa XXXI: Jangan Sombong!

Matius 23:1-12

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Matius 23:1-12)

Adik-adik, hari ini kakak membawa beberapa balon. Balon adalah mainan sederhana, tetapi dapat menggembirakan orang-orang dari segala usia. Banyak yang dapat kalian lakukan dengan balon. Kalian dapat menggunakan untuk dekorasi pesta atau memukulnya ke udara sebagai bola permainan. Jika kalian mempunyai balon yang panjang dan kurus, kalian pun dapat membentuknya menjadi bermacam-macam binatang. Ya, sebuah balon dapat memberikan banyak kegembiraan, tetapi dapat juga menyebabkan kesedihan dan kekecewaan. Pernahkah kalian melihat seorang anak yang menangis karena balonnya meletus?

Kita kadang-kadang seperti sebuah balon. Kita kadang-kadang sombong dan mementingkan diri sendiri. (Mulailah meniup balon). Kita pikir kita hebat dan berharap orang lain juga berpikir sama (Tiup). Mungkin karena kita cantik/tampan (Tiup) atau karena kita pandai (Tiup). Mungkin kita pandai dalam olah raga (Tiup) atau mungkin karena kita penyanyi terbaik dalam paduan suara (Tiup). Cepat atau lambat, jika kita terus-menerus ditiup dan membengkak demi kepentingan diri sendiri, sesuatu akan terjadi dan menghancurkan balon kita. (Tusuklah balonnya).
Yesus memperingatkan dan Injil mengajarkan, bila kita sombong dan menganggap tinggi diri sendiri, kita akan mengarah pada kehancuran. Di sisi lain, jika kita rendah hati dan menyadari bahwa hanya karena kekuatan Allahlah kita dapat melakukan hal-hal yang luar biasa, kita akan ditinggikan dalam Kerajaan Allah.
Mulai sekarang, jika kalian melihat sebuah balon, kakak harap balon itu bisa mengingatkan agar kalian tidak sombong atau mengingatkan sesuatu yang menghancurkan kalian.
Bahan kreativitas:
IMG-20171030-WA0003
IMG-20171030-WA0000
IMG-20171030-WA0001
IMG-20171030-WA0002
Print kedua gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, beri warna agar menarik, kemudian tempelkan gambar Yesus dan gambar orang-orang Farisi ke atas gambar yang pertama, lihat contoh jadinya di bagian atas
gbr2
Gambar 1
gbr1
Gambar 2

Tinggalkan Balasan