Hari Minggu Palma: Memuliakan Tuhan Yesus

Mrk. 14:1-15:47 (Mrk. 15:1-39)

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Mrk. 14:1-15:47 (Mrk. 15:1-39))

 

Adik-adik, kakak suka pesta dan perayaan-perayaan besar. Apakah kalian juga suka?
Kesempatan apa saja yang biasanya dirayakan banyak orang? (Beri kesempatan anak untuk menyampaikan pendapatnya). Ya, perayaan ulang tahun, perayaan Natal, perayaan kemerdekaan, dll. Bagaimana orang-orang itu merayakannya? Salah satu cara merayakannya adalah dengan membuat keramaian. Lihat, hari ini kakak membawa alat -alat yang bisa menciptakan keramaian. (Tunjukkan pada anak-anak alat apa saja yang ada). Cara lain untuk merayakan adalah dengan melambaikan bendera dan panji-panji. Kakak juga membawakan alat-alat itu untuk kalian. (Tunjukkan pada anak-anak). Masih ada cara lain lagi untuk merayakannya, yaitu dengan bersorak-sorak.
Hari ini kita akan membuat perayaan. Mari kita membuat perayaan untuk memuji dan menyembah Yesus. Mari kita membuat tiga sorakan. Sambil bersorak, kalian yang memegang alat-alat pembuat keramaian, bunyikanlah! Kalian yang memegang bendera dan panji-panji, angkat tinggi-tinggi!Apakah semua sudah siap? Ya, kita lakukan sekarang!
Hip hip, hurai..hip hip hurai…hip hip hurai….!
Wow, luar biasa. Hari ini adalah hari raya untuk Yesus. Hari Minggu Palma. Hari untuk mengenang saat orang banyak menyambut Yesus yang masuk kota Yerusalem sekitar dua ribu tahun silam. Mungkin kalian pernah mendengar kisah itu. Kakak akan menceritakan kembali untuk kalian.
Yesus berjalan bersama para murid-Nya menuju kota Yerusalem. Ketika sudah mendekati kota, Yesus meminta dua orang murid-Nya untuk pergi mendahului masuk kota. Yesus mengatakan bahwa mereka akan melihat seekor keledai muda tertambat yang belum pernah ditunggangi orang. “Lepaskanlah kedelai itu dan bawalah ke mari!” Bila ada orang bertanya mengapa kamu lakukan itu, katakan saja : “Guru membutuhkannya. Dia akan mengembalikannya segera.”
Kedua murid itu melakukan apa yang Yesus katakan. Mereka menemukan keledai muda. Mereka melepas ikatannya, lalu menuntunnya. Beberapa orang yang berdiri di dekat situ bertanya kepada murid itu: “Mengapa kalian mengambil keledai muda itu?”
Mereka mengatakan apa yanng telah Yesus katakan dan orang-orang itu membiarkan mereka membawa keledai itu.
Keledai itu dibawa kepada Yesus. Lalu mereka mengalasinya dengan pakaian, sehingga nyaman untuk duduk. Ketika mereka berjalan menuju kota Yerusalem, orang banyak yang berjalan di depan Yesus berseru: “Hosana, diberkatilah Dia yang datang atas nama Tuhan!” Orang-orang lain yang mengikuti dari belakang juga berseru: “Hosana bagi Anak Daud! Hosana di tempat yang maha tinggi!” Barisan orang banyak di jalan itu bersorak-sorak dan melambaikan-lambaikan daun palma.
Perayaan yang sangat bagus, meski sedikit gaduh. Adik-adik, apakah kalian kira Yesus suka dengan kegaduhan seperti itu? Kakak kira ya. Kitab Suci mengisahkan: “Inilah hari yang Tuhan telah jadikan; marilah kita bersorak-sorai dan bersuka cita karenanya.”
Bahan kreativitas:
IMG_20180321_150706
IMG_20180321_150616
IMG_20180321_150631
IMG_20180321_150739
Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, kemudian beri warna agar menarik
gbr2 (6)
Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, beri warna agar menarik, gunting gambar tersebut, seperti contoh diatas kemudian tempelkan ke gambar diatas (lihat contoh jadinya)
gbr3 (4)
Print gambar daun palma dibawah ini, gunting sesuai pola dan beri warna agar menarik (lihat contoh jadinya).
gbr (3)
Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam, DKK.
https://id.pinterest.com/pin/113223378106577391/ http://patternuniverse.com/download/palm-leaf-pattern/

Tinggalkan Balasan