Hari Minggu Paskah II: Tomas meragukan kebangkitan Yesus

Yohanes 20:19-31

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Yohanes 20:19-31)

 

Adik-adik, kakak pernah masuk ke sebuah toko untuk membeli sesuatu. Setelah menemukan barangnya, kakak membawanya ke kasir, menulis cek dan memberikannya kepada petugas kasir. Petugas mengambil cek itu dan bertanya: “Bolehkah saya melihat KTP anda?”

Nama dan alamat kakak tertera di atas cek. Bahkan nomor KTP kakak juga tercetak di atas cek itu. Mengapa petugas kasir harus melihat KTP kakak? Jawabannya sangat sederhana.
Petugas kasir mau melihat apakah foto yang di KTP adalah foto kakak.
Mungkin suatu saat kalian juga akan dimintai bukti atau tanda identitas. Kalian mungkin perlu sebuah pas foto untuk kartu perpustakaan. Kalian mungkin butuh sebuah pas foto untuk mendaftar ke klub sepakbola. Banyak sekolah pun meminta para murid dan gurunya untuk mengenakan tanda pengenal yang ada fotonya selama berada di sekolah. Ya, hampir setiap hari dalam kehidupan ini kita diminta untuk membuktikan diri kita.
Pada hari Minggu ketika Yesus bangkit dari kubur, Ia menampakkan diri di depan para murid-Nya. Salah satu murid-Nya yang bernama Tomas tidak ada di antara mereka. Murid-murid itu berkata kepada Tomas bahwa mereka telah bertemu dengan Yesus dan mengatakan bahwa Dia hidup. Tomas berkata: “Saya tidak akan percaya sampai saya melihat-Nya dengan mata kepala saya sendiri.” Ia mau melihat bekas paku di tangan Yesus dan lubang di mana tombak telah ditancapkan ke dalamnya.
Seminggu kemudian, Tomas bertemu dengan Yesus. Yesus mengundang Tomas untuk menyentuh bekas paku di tangan-Nya, Yesus menyuruh Tomas untuk memasukkan tangannya ke dalam bekas luka di lambung-Nya. Sesudah itu barulah Tomas percaya.
Adik-adik, banyak orang tidak percaya akan kebangkitan Yesus, karena mereka tidak menyaksikannya sendiri. Mereka menginginkan bukti untuk percaya. Yesus berkata: “Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.” Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian membutuhkan bukti untuk percaya kepada Yesus atau akan menerima Dia karena iman kalian? Berbahagialah kalian yang percaya akan Yesus yang bangkit meskipun tidak melihat-Nya!
Bahan kreativitas:
IMG_20180405_101632
IMG_20180405_101615
IMG_20180405_101558
IMG_20180405_101642
Print gambar dibawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai garis putus-putusnya kemudian lipat menjadi 2 (dua) bagian, lalu cutter di bagian garis putus-putus di tengah gambar tangan, lalu masukkan potongan ayat emasnya (lihat contoh jadinya).
gbr (1)
Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam, DKK.
http://www.biblecraftclub.com/blog/2017/4/30/doubting-thomas-craft
http://chacalavong.info/coloring-pages-heart/coloring-pages-hearts-go-digital-with-us-0ed96820363a-throughout-heart-plan-5/

Tinggalkan Balasan