Hari Minggu Paskah II: Yesus Telah Bangkit, Percaya atau Tidak

Yoh 20:19-31

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Yohanes 20:19-31)

Adik-adik, ada sebuah buku yang sangat menarik. Judulnya “Percaya atau Tidak”. Buku itu ditulis oleh Robert Ripley, seorang penulis buku yang terkenal dari Amerika. Ia suka mengumpulkan informasi aneh-aneh dan menakjubkan, tetapi benar-benar terjadi. Kakak akan ceritakan salah satu contoh dari buku itu.

Dalam ceritanya Robert Ripley bertutur. Seorang anak laki-laki pergi ke dokter, karena sakit di bagian kakinya. Setelah diperiksa, dokter menemukan bahwa ada gigi yang tumbuh di bagian telapak kaki anak itu. Percaya atau tidak kalian?
Mungkin kita perlu melihat dulu untuk mempercayainya.

Beberapa waktu yang lalu di berbagai pemancar TV ditayangkan kisah seorang ibu yang melahirkan anak berkepala dua. Ada juga anak yang dilahirkan dengan dua badan yang saling menempel satu sama lain, tetapi kakinya hanya tiga dan yang satu lebih menyerupai ekor. Kelihatan sangat menyedihkan dan sulit dipercaya.

Masih banyak berita aneh dan sulit dipercaya lagi yang sering kita dengar, baca atau saksikan. Tetapi apa yang sudah terjadi, ya pasti terjadi, entah kita percaya entah tidak.

Pada hari Minggu Yesus bangkit dari kubur dan menampakkan diri kepada sejumlah murid-Nya. Salah seorang murid yang bernama Tomas tidak berkumpul bersama mereka. Ketika para murid memberitahu Tomas bahwa mereka telah melihat Yesus dan bahwa Ia hidup, Tomas berkata: “Saya tidak akan percaya, sampai saya melihat dengan mata saya sendiri.” Ia mengatakan ingin melihat bekas paku di tangan Yesus dan lambung-Nya yang ditusuk tombak.

Seminggu kemudian Yesus menampakkan diri lagi kepada para murid-Nya, termasuk Tomas. Ia mengundang Tomas untuk mencucukkan jarinya ke bekas paku di tangan-Nya. Ia meminta Tomas untuk menaruh tangannya pada luka di lambung-Nya. Kemudian Tomas pun percaya dan Yesus berkata kepadanya: “Karena kamu telah melihat-Ku, maka kamu percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat tetapi percaya.”

Adik-adik, banyak orang tidak percaya bahwa Yesus benar-benar bangkit dari kubur, karena mereka tidak melihat dengan mata sendiri. Tetapi kebangkitan Yesus itu benar adanya, lepas dari soal percaya atau tidak. Kalian dan kakak tidak pernah melihat Yesus, tetapi kita mempercayai-Nya dengan iman. Yesus berkata, kalau kita percaya akan kebangkitan-Nya walaupun kita tidak pernah melihatnya, kita akan bahagia.

Bahan kreativitas:
IMG_1496
Tempelkan manik-manik berbentuk mata pada gambar Tomas atau jika tidak ada manik-manik, adik-adik bisa menggambar matanya (lihat contoh jadi di bawah ini)
IMG_1485
Tempelkan sedotan di bagian belakang gambar agar timbul efek 3 dimensi (3D)
IMG_1484
Contoh jadi kreativitas saat kedua gambar di tempelkan ke atas kedua lingkarannya
IMG_1486
Tempelkan stik es krim di bagian tengah lingkaran (lihat contoh di bawah ini)
IMG_1488
Bahan kreativitas tampak depan
IMG_1487
Bahan kreativitas tampak belakang
IMG_1493
Print gambar kedua lingkaran di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai polanya, beri warna agar menarik
gbr1 (1)
Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, gunting sesuai polanya, beri warna agar menarik, kemudian pada gambar Tomas tempelkan manik-manik berbentuk mata lalu tempelkan ke atas pola gambar lingkarannya dengan menggunakan sedotan di bagian belakang gambar (lihat contoh jadinya), setelah  gambar kedua telapak tangan di bawah ini digunting, beri warna agar menarik, kemudian tempelkan ke atas pola gambar lingkarannya  dengan menggunakan sedotan di bagian belakang gambar (lihat contoh jadinya), jangan lupa untuk menempelkan stik es krim atau sedotan diantara kedua lingkaran diatas (lihat contoh jadinya di atas)
gbr2 (1)
Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun A oleh Kak Tan Mariam, DKK.
https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/c7/18/b6/c718b6e4157ffc5c63499fd77aa4730b.jpg

Tinggalkan Balasan