Hari Minggu Prapaskah III: Yesus menyucikan Bait Suci

Yohanes 2:13-25

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Yohanes 2:13-25)

Adik-adik, lihat, apa yang kakak bawa hari ini? (Tunjukkan peralatan pembersih yang dibawa). Kakak punya sapu, lap, ember, lap pel, kemoceng, sikat, dll. Wah…kakak sudah siap untuk membersihkan rumah. Apakah keluarga kalian juga sering bersih-bersih rumah?(Beri kesempatan anak untuk menyampaikan pendapat). Waktu yang tepat untuk membersihkan rumah biasanya saat liburan atau menjelang hari-hari besar yang dirayakan di rumah.
Hari ini kakak akan menceritakan kejadian ketika Yesus melakukan pembersihan. Waktu itu menjelang perayaan Hari Paskah orang Yahudi. Yesus pergi ke Yerusalem bersama para murid-Nya. Ketika tiba di Yerusalem, Yesus masuk ke Bait Suci. Ia tidak percaya dengan apa yang dilihat-Nya. Di lokasi Bait Allah itu Ia melihat orang-orang berjualan lembu, domba dan burung merpati. Jenis hewan itu biasanya digunakan untuk kurban bakaran di dalam Bait Suci. Di samping itu ada juga di sana meja tempat penukaran uang untuk pembayaran pajak Bait Suci. Alhasil, suasananya lebih seperti pasar dari pada tempat berdoa.
Yesus tidak suka dengan apa yang dilihat-Nya. Ia sangat marah, lalu dibuat-Nya sebuah cambuk dari seutas tali. Ia mengusir lembu, domba dan pedagangnya dari Bait Suci. Ia pun berjalan menuju meja tempat penukaran uang, lalu membalikkannya dan menghamburkan uang-uang logam di lantai Bait Suci. Kepada salah seorang penjual merpati Yesus berkata: “Ambil, semua ini dari sini! Betapa beraninya kamu mengubah Rumah Bapa-Ku menjadi pasar.”
Adik-adik, Yesus melakukan bersih-bersih di Bait Suci pada waktu itu. Seperti kita berpikir tentang Yesus yang membersihkan Bait Suci, kita juga harus berpikir tentang bersih-bersih yang perlu kita lakukan. Saat ini kita sedang menjalani masa prapaskah, masa puasa. Inilah waktunya untuk melihat ke dalam diri kita masing-masing dan melakukan perubahan jika memang ingin diubah. Adakah bagian-bagian dari hidup kita yang Yesus inginkan untuk ‘dibersihkan’?
Bahan kreativitas:
IMG_20180227_222758_HHT
IMG_20180227_222753_HHT
IMG_20180227_222803_HHT
Print gambar di bawah ini di kertas tebal berukuran A4, beri warna agar menarik, kemudian tempelkan cambuk yang dibuat dari gulungan benang wol (lihat contoh jadinya di atas)
gbr2
Print bacaan Injilnya dibawah ini dikertas tebal berukuran A4, beri warna agar menarik, kemudian tempelkan ke gambar di atas (lihat contoh jadinya).
gbr1
Source:
Buku Aku Sahabat Yesus Tahun B oleh Kak Tan Mariam, DKK.
https://id.pinterest.com/pin/530721137323394082/

Tinggalkan Balasan