Hari Minggu Prapaskah IV: Mengukur kasih Allah

Yohanes 3:14-21

(Bacakan Injilnya terlebih dahulu dari Injil Yohanes 3:14-21)

 
Adik-adik, kita menggunakan gelas pengukur untuk mengukur sesuatu. Waktu membuat kue,
kakak memakai gelas pengukur untuk mengukur jumlah tepung terigu, gula dan susu yang diperlukan.
Apakah kita dapat mengukur kasih Allah dengan menggunakan gelas pengukur? Kitab Suci mengatakan: “Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah” (Mazmur 23:1,5).
Waktu membuat sesuatu, kita menggunakan meteran untuk mengukur panjang, lebar dan tinggi dari benda-benda yang ada. Apakah kita dapat menggunakan meteran untuk mengukur kasih Allah? Kitab Suci mengatakan bahwa kasih Allah lebih tinggi dari langit (Mazmur 108:5). Jika kasih Allah lebih tinggi dari langit, kakak rasa kita tidak dapat menggunakan meteran untuk mengukur kasih-Nya.
Kita menggunakan jam tangan untuk mengukur waktu. Mungkin ada orang yang menggunakan jam  tangannya untuk mengukur lamanya pastor berkotbah. Kakak pun bertanya-tanya, apakah kita bisa mengukur berapa lama kasih Allah? Kitab Suci mengatakan bahwa kasih setia Tuhan  dari selama-lamanya (Mazmur 103:17). Wow…jika kasih setia Tuhan dari selama-lamanya sampai selama-lamanya, kita tidak bisa mengukurnya dengan jam tangan.
Betul! “Begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” Bagaimana kita akan mengukur kasih seperti itu? Bukan saja kita tidak dapat mengukurnya, tetapi bahkan kita tidak perlu mengukurnya. Kita perlu mengalami kasih-Nya.
Adik-adik, doa kakak untuk kalian hari ini adalah : “Aku berdoa, supaya kalian bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan” (Efesus 3:18-19).
Bahan kreativitas:
IMG_20180308_185653
Print bahan kreativitas ini di kertas tebal berukuran A4, beri warna agar menarik
gbr1 (5)
Print gambar dua anak dibawah ini, gunting sesuai pola, beri warna agar menarik, kemudian tempelkan kedua gambar di bawah ini ke gambar diatas (lihat contoh jadinya)
gbr2 (5)
gbr3 (3)

Tinggalkan Balasan