Pre Event JAMNAS 2018

IMG_0105

Dalam rangka gerakan menuju Jambore Nasional SEKAMI (JAMNAS SEKAMI 2018), Panitia menyiapkan sebuah rumusan time line dan pre event JAMNAS 2018.

Pada prinsipnya, rumusan Pre Event JAMNAS SEKAMI 2018 ini merupakan tawaran terbuka dan masing-masing keuskupan bisa menyesuaikannya menurut situasi yang ada. Kendati demikian, tetap diharapkan agar semua keuskupan ikut berpartisipasi secara optimal menuju gelaran JAMNAS SEKAMI 2018.

Maksud diadakannya Pre Event ini adalah untuk:

  • Memperdalam tema JAMNAS dan menggaungkan acara puncak JAMNAS SEKAMI 2018.
  • Memberi kesempatan kepada anak remaja dan pendamping di setiap keuskupan untuk ikut merasakan buah-buah syukur 175 tahun SEKAMI dan JAMNAS SEKAMI 2018, sekalipun mereka tidak ikut terlibat langsung dalam acara puncak di Pontianak.
  • Memastikan partisipasi dan keikutsertaan setiap keuskupan dalam suasana semangat solidaritas-subsidiaritas 2D2K – Children helping children.

Karena misi pokok Pre Event ini adalah demi tercapainya tujuan JAMNAS SEKAMI 2018, maka alur prosesnya selalu mengacu pada tema umum, Berbagi Sukacita Injil dalam Kebinekaan.

IMG_0156

Mengongkretkan hal tersebut, pada rumusan Pre Event ini ditawarkan tiga  tahapan pembelajaran yang meliputi:

  • Injil dan kebinekaan kita
  • Panggilan iman kita untuk Gereja dan tanah air: 100% Katolik 100% Indonesia (Pro Ecclesia et Patria)
  • Siap diutus dalam misi Kristus di Indonesia.

Tema-tema tersebut merupakan rumusan ulang dari setiap tema yang akan didalami pada acara JAMNAS SEKAMI 2018. Setiap tema bisa digarap dalam dua bulan atau dua momen misioner; atau bisa menyesuaikan dengan situasi setempat. Artinya, jika keuskupan mau menggarap setiap bulan, akan ada dinamika yang berkesinambungan untuk setiap prosesnya. Akan tetapi, jika keuskupan menggarap tema dua bulan sekali, tema tersebut masih bisa digali dengan kegiatan yang ditawarkan.

pre-01

pre-02

pre-03

Sementara untuk Keuskupan kita, Tim Kerja KKI KAPal sangat berharap bahwa kegiatan SEKAMI di tingkat Gereja lokal (dekanat, distrik, dan paroki) bisa mengikuti alur tema yang ditawarkan Panitia JAMNAS SEKAMI 2018.

Tema besar Berbagi Sukacita Injil dalam Kebinekaan akan kita dalami dalam setiap formasi dan animasi misioner di tempat kita masing-masing. Bersama seluruh anak Nusantara, kita ingin berefleksi dan bermisi bersama. Kita diundang untuk belajar menerima, menghargai, dan mencintai kebinekaan kita sembari terus mempromosikan hidup damai bersama dengan yang lain.

Salam misioner!

Ign. Elis Handoko SCJ

Dirdios KKI

Teks pdf: PRE EVENT JAMNAS 2018

Satu tanggapan untuk “Pre Event JAMNAS 2018

Tinggalkan Balasan